Rabu, 23 November 2011


NAMA : NOPI ADI ASRIL
KELAS: XII.TKR 2


SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI
SISTEM KEMUDI
(STEERING SYSTEM)
JOB SHEET :1
TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
SM/KELAS  :5/XII TKR 2
CHASIS
WAKTU       :5 X 40 Menit


I. TUJUAN

Agar kami siswa otomotif SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI bisa:

1.      Memeriksa kerusakan pada komponen-komponen sistem kemudi.
2.      Membongkar dan memasang komponen-komponen sistem kemudi.
3.      Menyebutkan nama dan bagian komponen-komponen sistem kemudi.


II. ALAT DAN BAHAN
           
Alat-alat:

  1. Dongkrak
  2. Balok Kayu
  3. Jack Stand
  4. Kunci Pas Ring “30”
  5. Kunci Pas Ring “17”
  6. Kunci Pas Ring “14”
  7. Kunci Pas Ring “12”
  8. Kunci Pas “14”
  9. Kunci Pas “12”
  10. Kunci Roda
  11. Tang Kombinasi
  12. Pali besar gan Palu kecil

Bahan:

  1. Komponen-komponen sistem kemudi pada mobil.


III. KESELAMATAN KERJA
Keselamatan kerja untuk alat dan bahan:
  1. Mengganjal roda mobil bagian belakang sebelum mendongkrak mobil.
  2. Mendongkrak mobil dengan posisi yang benar.
  3. Memasang jack stand dengan posisi yang benar.
  4. mempergunakan alat-alat sesuai dengan fungsinya masing-masing.
  5. berhati-hati pada saat pelepasan coter pin tie rod agar tidak patah.
  6. menurunkan steering lingkage dengan baik dan benar.

Keselamatan untuk pribadi:
  1. Berhati-hatilah dalam bekerja.
IV. GAMBAR KERJA
                                                                       
 

   Gambar:system  kemudi model Recirculating Ball

            Keterangan gambar:
  1. steering wheel
  2. steering coloumn
  3. steering gear
  4. pitman arm
  5. idle arm
  6. tie  rod
  7. relay rod
  8. knuckle arm



V. LANGKAH KERJA

  • Memeriksa steering wheel
  menggoncang steering wheel,apakah ada goncangan pada sambungan steering wheel dengan steering main shaft.
  • Memeriksa steering main shaft
  memutar roda kemudi kekiri dan kekanan dan memperhatikan apakah ada kocakan pada universal joint/universal joint and splind/fleksible joint.
  • Memeriksa steering coloumn
  menarik dan menggoncang steering wheel dan memperhatikan apakah ada kelonggaran baut pengikat steering coloumn dengan body kendaraan.
  • Memeriksa steering lingkage
  ►mendongkrak roda depan bagian kiri/kanan.
►mengkocak roda depan yang didongkrak tersebut dan memperhatikan           apakah ada kocakan pada komponen steering lingkage.
  • Memeriksa steering gear box
  menggoncang steering main  shaft dan memperhatikan apakah ada kocakan pada bagian steering gear box,jika ada kocakan berarti ada gangguan pada steering gear box.


Langkah kerja melepas steering lingkage:
1.      mempersiapkan alat dan bahan di tempat kerja.
2.      mengganjal mobil dengan balok kayu.
3.      mendongkrak mobil dan memasang jack stand.
4.      melepaskan coter pin tie rod dengan “tang”.
5.      membuka mur tie rod dengan kunci ring “30” dan meninggalkannya kira-kira 2 drat.
6.      memukul knuckle arm dengan palu pada kedudukan tie rod.
7.      melepaskan tie rod dari knuckle arm.
8.      membuka baut pitman arm dari sector shaft.
9.      mendongkrak sedikit sector shaft.
10.  memukul bagian atas pitman arm.
11.  menurunkan dongkrak dan melepaskan pitman arm dari sector shaft.
12.  melepaskan idle arm.
13.  menurunkan steering lingkage dari mobil.

Langkah kerja memasang steering lingkage:
1.      memastikan posisi pitman arm sudah lurus.
2.      memutar  roda kemudi sehabisnya dan putaran roda kemudi tersebut  dibagi 2.
3.      memasang idle arm.
4.      memasang pitman arm ke sector shaft.
5.      memasang tie rod pada knuckle  arm,dan mengeratkan mur tie rod.
6.      memasang coter pin tie rod.
7.      mendongrak mobil.
8.      melepaskan jack stand dan menurunkan dongkrak.
9.      melepaskan balok kayu pengganjal mobil.
10.  menyusun alat dan bahan yang anda pergunakan.

VI. KESIMPULAN

            Setelah melaksanakan praktek kami siswa otomotif SMK N 1 BUKITTINGGI telah bisa:
  1. memriksa kerusakan pada komponen system kemudi.
  2. membongkar dan memasang komponen system kemudi.
  3. menyebutkan komponen-komponen system kemudi.

    • Cara memeriksa tie rod
  rik dan goyang tie rod tersebut.
·         Cara memeriksa idle arm
  periksa busing dan perinsip kerja tie rodnya tersebut berputar bukan seperti engsel.
·         Cara memeriksa pitman arm
  meriksa tie rodnya,apakah bias bergerak kekiri/kekanan bukan atas bawah.
·         Memasang steering lingkage
  pitman arm harus lurus,kemudian putar roda kemudi sehabisnya dan putaran tersebut dibagi  2.

PEMERIKSA LAPORAN
PEMBUAT LAPORAN



( YON HENDRI )



( NOPI ADI ASRIL )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar